Selasa, 05 Februari 2019

Modifikasi Motor Honda Cb 100 Klasik, Jap Style Dan Scrambler


Motor ini di impor oleh PT. Federal Motor atau lebih dikenal dengan nama PT. Astra sekitar tahun 1971. Motor yang di impor ini, kemudian akan di rakit di Indonesia. Modifikasi dari Honda CB 100 terdiri dari berbagai aliran seperti klasik, café racer, monster atau jap style. Aliran ini tumbuh dikarenakan kemudahan untuk mencari cangkokan part yg di modifikasi seperti GL 100, GL Max, GL Pro, Tiger dan lainnya.

Selama kurun waktu 1971 sampai dengan 1981, Honda berhasil melakukan penjualan sebanyak 60.000 unit pertahun. Dengan rentang waktu dari tahun 1971 sampai dengan 1981 jadi hampir 600.000 unit Honda CB yang berada di pasar Indonesia. Tentunya tidak hanya CB 100 dan Cb 125 yang di impor oleh PT. Federal Motor tetapi juga tipe CB yeng berukuran besar seperti: CB 250, CB 300, CB 750 dan jenis motor besar lainnya.

Modifikasi Motor Honda Cb 100 Klasik, Jap Style Dan Scrambler

Beberapa style modifikasi CB 100 yang baik, antara lain:

·         Modifikasi CB 100 jenis café racer


Untuk aliran café racer, modifikasinya dengan menggunakan stang jepit. Tanki motor dirubah menjadi lebih ramping dan memanjang. Jok akan di rubah menjadi lebih rendah dan kecil.bodi bagian belakang di rubah seperti buntut tawon.

·         Modifikasi CB 100 jenis jap style

Untuk aliran jap style sendiri mempunyai ciri–ciri stang telanjang, tangki akan di lakukan modifikasi sehingga terlihat lebih kecil, lampu bulat menjadi pilihan utama, dimensi rangka dan jok pendek serta ukuran ban yang agak besar.

·         Modifikasi CB 100 jenis scrambler


Aliran scrambler adalah tipe aliran yang bisa dibilang adalah aliran “off road.” Konsep motor ini harus mampu melalui berbagai medan jalan. Tipe ini biasanya akan mengganti ban dengan jenis knobby atau ban tahu, ground clearance akan ditinggikan, knalpot juga akan di rubah sama serta rok akan dibuat menjadi lebih rata.

·         Modifikasi CB 100 jenis bobber style

Aliran bobber style akan memposisikan rangka menjadi tetap standard, pemilihan ban akan menjadi ban yang mempunyai tipe ban besar dan gendut. Beberapa part akan dibuat menjulang tinggi seperti: shock depan, stang dan tanki.

·         Modifikasi CB 100 jenis klasik retro bike


Aliran ini bertumpu pada klasik dan retro. Aliran ini selalu mengutamakan penampilan retro. Segala pernak–pernik ataupun sparepart yang dipakai selalu mengutamakan unsur tersebut.

·         Modifikasi CB 100 jenis drag style

Aliran ini biasanya akan menanggalkan bodi motor sampai-sampai hanya tinggal rangka saja. Stang jepit menjadi stang favorit bagi aliran ini. Menggunakan ban dengan ukuran kecil serta bagian depan dibuat merunduk. Hal yang paling utama adalah tenaga mesin yang dibuat maksimal sehingga kemampuan berlari motor ini menjadi sangat maksimal.

Bagaimana, setelah informasi diatas, kira-kira aliran mana yang akan anda pilih untuk modifikasi motor kesayangan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar