Sabtu, 26 Agustus 2017

Komponen Dana Biaya Hidup Bulanan Beasiswa LPDP

Salah satu komponen dana yang akan didapatkan oleh mahasiswa penerima beasiswa LPDP ialah dana hidup bulanan. Dana ini merupakan bantuan yang diberikan untuk menunjang studi dan mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari selama menjalani studi hingga lulus. Dana hidup bulanan (Living Allowance) disalurkan sesuai dengan dasar lokasi kota atau Negara di mana tempat perguruan tinggi berada. Dana tersebut tidak mendapatkan penyesuaian standar biaya hidup bulanan jika mahasiswa melakukan penelitian tesis/disertasi yang dilakukan di luar kota domisili selama studi. Pemberian dana hidup bulanan dilakukan setiap 3 bulan sekali selama masa pendidikan. Dana hidup bulanan akan didapatkan peserta sesuai masa studi yang tertera pada dokumen LOA atau imigrasi dengan jangka waktu maksimal 24 bulan untuk beasiswa magister dan 48 bulan untuk program doktoral.

Komponen Dana Biaya Hidup Bulanan Beasiswa LPDP
Komponen Dana Biaya Hidup Bulanan Beasiswa LPDP

Mekanisme Pembayaran Beasiswa LPDP

Kuliah di Dalam Negeri

Dana hidup bulanan pertama wajib diajukan pencairannya lewat simonev dengan Surat Keterangan Aktif / Kartu Rencana Studi yang dilampirkan. Sedangkan untuk biaya hidup bulanan kedua dan selanjutnya akan diproses pada tanggal 1 bulan pertama pada periode pencairan tanpa dilakukan lewat mekanisme pangajuan. Dana ini akan diproses apabila penerima beasiswa sudah memberikan laporan perkembangan studi pada aplikasi simonev dengan melampirkan dokumen digital berupa Surat Keterangan Aktif, Kartu Rencana Studi dan/atau Kartu Hasil Studi (Transkrip Nilai) dengan masa berlaku maksimal 6 bulan. Besarnya biaya hidup beasiswa LPDP dalam negeri yang akan diberikan menyesuaikan dengan biaya hidup di kota tempat penerima beasiswa melakukan studi.

Baca Juga : Beasiswa IPrice Group untuk S1, S2, S3 - Dapatkan $100 Hanya Dengan Menulis Essay

Kuliah di Luar Negeri


Pemberian dana hidup bulanan pertama, penerima beasiswa harus mengajukan surat keterangan yang mencantumkan masa studi seperti LOA, COE, I20, dan Enrollment Letter. Selain itu juga melampirkan boarding pass keberangkatan, serta cap imigrasi kedatangan di Negara tujuan.

Baca Juga : Beasiswa S2 dan S3 di Australia - Full Tuition Fee + $ 30.000 Pertahun