MODIFIKASI MOTOR SONIC DRAG BIKE THAILOOK STYLE
Pada era tahun 1980,
pabrikan Honda mengeluarkan 2 produk, yaitu: Honda Nova R dan Nova S. pada
tahun 1990-an, model ini digantikan dengan model terbarunya, bernama Honda Nove
Tena. Generasi penerus selanjutnya adalah Honda Noiva Dash 125 cc yang
diluncurkan beberapa tahun kemudian dengan diberi tambahan pendingin radiator.
Pemerintah Indonesia
mengeluarkan peraturan pada tahun 2000-an yang mengatur pembatasan produk motor
2 tak. Para importir pun merespon langkah pemerintah dengan menghentikan untuk
pemasaran khususnya Honda Nova Dash RS 125.
Modifikasi Sonic
Pada tahun 2001, Honda
mengeluarkan Honda Sonic 125 sekaligus menandakan hancurnya era 2 tak. Namun
produk ini pun tidak berlangsung lama. Tahun 2011, pabrikan Honda memberhentikan
import atas jenis produk ini karena tingkat penjualan yang tidak bagus.
Generasi Baru dari Honda Sonic.
AHM sebagai ATPM
beserta R&D Honda Jepang mendesain ulang untuk produk Sonic. Hasilnya
adalah New Sonic 150R yang dikhususkan untuk pasar Indonesia. Produk ini
tergolong baru dan tidak berhubungan dengan generasi produk Sonic yang ada di
Thailand.
Motor ini diluncurkan
ke pasar Indonesia pada sekitar bulan Agustus 2015. Motor ini menggunakan
speedometer yang full digital dan Lampu LED. Pabrikan Honda memperbaharuinya
sekitar bulan agustus 2016 dengan mengenalkan 4 pilihan warna terbaru dan
facelift model 2016.
Dengan sejarah yang
panjang, motor Honda Sonic ini cukup lama eksis di masyarakat Indonesia. Adapun
modifikasi Honda Sonic Thailook style terbukti banyak diminati oleh masyarakat
Indonesia. Aliran modifikasi racing drag bike ala Thailand dan juga Street
Racing look dengan menggunakan velg jari–jari ban kecil adalah favorit bagi
konsumen di Indonesia.
Modifikasi Honda Sonic Drag 200 cc
Adapun yang dibutuhkan
adalah sebagai berikut:
- Blok mesin dari Honda CBR
150
- Cylinder Head dari Honda
CBR 150
- Packing Blok menggunakan
alumunium 2 cm
- Piston; 66 mm
- Noken as; custom
- Setang seher; custom
- Karburator; TMR 34
- CDI; Api Tech
- Koil;RM
- Knalpot; VRG
- Rasio; racing
- YSS untuk Sok belakang
- Pelek; DID dan yoko
- Radiator; Honda CBR 150
Hasil dari modifikasi
dibawah ini adalah ruang bakar yang meningkat menjadi 200 cc, caranya adalah,
sebagai berikut:
Mesin
Ganti mesin dan cyinder
head standard dengan milik Honda CBR 150. Hal ini agar langkahnya menjadi
panjang. Setang leher keluaran standard pabrik dirubah menjadi custom 57 mm,
kemudian diupgarde menggunakan piston diameter 66 mm. packing blok juga
sebaiknya ditambahkan kira–kira 2 cm.
Dengan modifikasi ini,
Honda Sonic anda akan lebih bertenaga dan leboh powerfull. Kondisi ini akan
memungkinkan motor anda dapat berlaga di kelas 200 cc. selamat mencoba.
Komentar
Posting Komentar