MODIFIKASI MOTOR SONIC DRAG BIKE THAILOOK STYLE


Pada era tahun 1980, pabrikan Honda mengeluarkan 2 produk, yaitu: Honda Nova R dan Nova S. pada tahun 1990-an, model ini digantikan dengan model terbarunya, bernama Honda Nove Tena. Generasi penerus selanjutnya adalah Honda Noiva Dash 125 cc yang diluncurkan beberapa tahun kemudian dengan diberi tambahan pendingin radiator.

Pemerintah Indonesia mengeluarkan peraturan pada tahun 2000-an yang mengatur pembatasan produk motor 2 tak. Para importir pun merespon langkah pemerintah dengan menghentikan untuk pemasaran khususnya Honda Nova Dash RS 125.

Modifikasi Sonic 


Pada tahun 2001, Honda mengeluarkan Honda Sonic 125 sekaligus menandakan hancurnya era 2 tak. Namun produk ini pun tidak berlangsung lama. Tahun 2011, pabrikan Honda memberhentikan import atas jenis produk ini karena tingkat penjualan yang tidak bagus.

Generasi Baru dari Honda Sonic.

AHM sebagai ATPM beserta R&D Honda Jepang mendesain ulang untuk produk Sonic. Hasilnya adalah New Sonic 150R yang dikhususkan untuk pasar Indonesia. Produk ini tergolong baru dan tidak berhubungan dengan generasi produk Sonic yang ada di Thailand.

Motor ini diluncurkan ke pasar Indonesia pada sekitar bulan Agustus 2015. Motor ini menggunakan speedometer yang full digital dan Lampu LED. Pabrikan Honda memperbaharuinya sekitar bulan agustus 2016 dengan mengenalkan 4 pilihan warna terbaru dan facelift model 2016.

Dengan sejarah yang panjang, motor Honda Sonic ini cukup lama eksis di masyarakat Indonesia. Adapun modifikasi Honda Sonic Thailook style terbukti banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Aliran modifikasi racing drag bike ala Thailand dan juga Street Racing look dengan menggunakan velg jari–jari ban kecil adalah favorit bagi konsumen di Indonesia.

Modifikasi Honda Sonic Drag 200 cc


Adapun yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:

  • Blok mesin dari Honda CBR 150
  • Cylinder Head dari Honda CBR 150
  • Packing Blok menggunakan alumunium 2 cm
  • Piston; 66 mm
  • Noken as; custom
  • Setang seher; custom
  • Karburator; TMR 34
  • CDI; Api Tech
  • Koil;RM
  • Knalpot; VRG
  • Rasio; racing
  • YSS untuk Sok belakang
  • Pelek; DID dan yoko
  • Radiator; Honda CBR 150

Hasil dari modifikasi dibawah ini adalah ruang bakar yang meningkat menjadi 200 cc, caranya adalah, sebagai berikut:

Mesin


Ganti mesin dan cyinder head standard dengan milik Honda CBR 150. Hal ini agar langkahnya menjadi panjang. Setang leher keluaran standard pabrik dirubah menjadi custom 57 mm, kemudian diupgarde menggunakan piston diameter 66 mm. packing blok juga sebaiknya ditambahkan kira–kira 2 cm.

Dengan modifikasi ini, Honda Sonic anda akan lebih bertenaga dan leboh powerfull. Kondisi ini akan memungkinkan motor anda dapat berlaga di kelas 200 cc. selamat mencoba.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Definisi Fungsi Kwitansi, Nota dan Faktur Beserta Contohnya

Contoh Surat Keterangan Pengganti Ijazah yang Hilang

Contoh Proposal Pameran Seni dan Pagelaran di Sekolah