Selasa, 12 Maret 2019

Drag Race Style – Modif Motor Satria FU


Semenjak diluncurkan oleh Suzuki, motor Satria FU ini memang sudah langsung mengambil hati para penggila motor di Indonesia. Pabrikan Suzuki memang spesialis untuk motor Underbone 4 tak yang sampai saat ini memang belum tersentuh marketnya oleh pabrikan lain. Motor seperti Sonic milik Honda pun kalah bersaing dengan Satria FU. Penampilan awal Satria FU sendiri tergolong gahar walau tanpa modif sama sekali. Bentuknya yang berbeda dengan motor sejenis menjadikan motor ini bagaikan “versi mini” dari motor-motor balap dengan cc besar.

Modif Motor Satria FU

Tapi tentunya para pencinta motor ini tidak akan mau hanya sekedar keluaran pabrikan. Berbagai cara modifikasi motor ini telah dicoba oleh berbagai pencinta Satria FU, saat ini yang sedang tren saat ini adalah modif Satria FU “thailook“

Secara umum, modifikasi Satria FU ini dibagi dalam dua kategori, yaitu:

  1. Modifikasi berbasis “looks and comfort” alias versi tampilan dan kenyamanan
  2. Modifikasi berbasis “looks and speed” alias versi tampilan serta kecepatan


Modifikasi Berbasis “Looks and Comfort”

Modifikasi ini berbasis tampilan yang gahar tetapi juga memperhatikan faktor kenyamanan dari berkendara sehari-hari. Modifikasi ini menggunakan paint brush di bodi motor dan juga penggantian velg dan ukuran ban motor.

Untuk mengakomodasi dari segi kecepatan biasanya para pengguna akan mengganti stang motor pabrikan serta pada mesin.

Permainan paint brush di motor tidak hanya menampilkan kesan mewah tapi juga akan memunculkan kesan gahar dan sporty sehingga ketika dipakai berkendara sehari-hari, motor tersebut akan memunculkan kesan yang berbeda dengan motor Satria FU jenis standar dari pabrikan.


Modifikasi Berbasis “Looks and Speed”

Modifikasi ini terinspirasi bahwa motor Satria FU ini sendiri terkenal dengan kemampuan mesinnya yang mampu di geber hingga mencapai top speed. Dengan kemampuan mesin ini maka modifikasi motor ini memaksimalkan kinerja mesin hingga sampai puncak. Dilihat dari segi kenyamanan maka modifikasi ini memang kurang nyaman apabila motor setelah di modif menjadi kendaraan yang digunakan sehari-hari.

Modifikasi jenis ini memang bertujuan untuk mengikuti berbagai event balap seperti drag bike. Event drag bike banyak ditemui di dalam kota–kota besar dan dikarenakan keperluan lomba itulah kenyamanan mengemudi menjadi prioritas terakhir dan prioritas yang paling utama adalah menggeber performa mesin dan kecepatan motor untuk mencapai hasil maksimal.

Generasi Satria FU terakhir sebetulnya untuk berat motor sudah termasuk ringan yaitu 109 kg tetapi tetap saja mereka menginginkan lebih ringan lagi.

Ada beberapa hal yang dilakukan dalam modifikasi ini, yaitu:

  • Eksperimen untuk mencopot jok dan juga bodi sehingga terlihat seperti “naked.” iIni akan berdampak kepada semakin kurangnya bobot motor dan akan berdampak kecepatan juga akan semakin maksimal untuk di geber mencapai top speed
  • Mengganti beberapa spare-part sehingga akselerasi motor ini menjadi lebih gahar dan mempunyai responsif yang jauh lebih cepat. Dengan akselerasi yang lebih mumpuni maka kemampuan untuk melakukan top sprint motor ini bisa menjadi lebih singkat dan untuk di pakai dalam event drag bike, motor dengan modifikasi ini akan mampu mengungguli lawan–lawannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar