Drag Race Style – Modif Motor Satria FU
Semenjak diluncurkan
oleh Suzuki, motor Satria FU ini memang sudah langsung mengambil hati para
penggila motor di Indonesia. Pabrikan Suzuki memang spesialis untuk motor
Underbone 4 tak yang sampai saat ini memang belum tersentuh marketnya oleh
pabrikan lain. Motor seperti Sonic milik Honda pun kalah bersaing dengan Satria
FU. Penampilan awal Satria FU sendiri tergolong gahar walau tanpa modif sama
sekali. Bentuknya yang berbeda dengan motor sejenis menjadikan motor ini
bagaikan “versi mini” dari motor-motor balap dengan cc besar.
Modif Motor Satria FU
Tapi tentunya para
pencinta motor ini tidak akan mau hanya sekedar keluaran pabrikan. Berbagai
cara modifikasi motor ini telah dicoba oleh berbagai pencinta Satria FU, saat
ini yang sedang tren saat ini adalah modif Satria FU “thailook“
Secara umum, modifikasi
Satria FU ini dibagi dalam dua kategori, yaitu:
- Modifikasi berbasis
“looks and comfort” alias versi tampilan dan kenyamanan
- Modifikasi berbasis
“looks and speed” alias versi tampilan serta kecepatan
Modifikasi Berbasis “Looks and Comfort”
Modifikasi ini berbasis
tampilan yang gahar tetapi juga memperhatikan faktor kenyamanan dari berkendara
sehari-hari. Modifikasi ini menggunakan paint brush di bodi motor dan juga
penggantian velg dan ukuran ban motor.
Untuk mengakomodasi
dari segi kecepatan biasanya para pengguna akan mengganti stang motor pabrikan
serta pada mesin.
Permainan paint brush
di motor tidak hanya menampilkan kesan mewah tapi juga akan memunculkan kesan
gahar dan sporty sehingga ketika dipakai berkendara sehari-hari, motor tersebut
akan memunculkan kesan yang berbeda dengan motor Satria FU jenis standar dari
pabrikan.
Modifikasi Berbasis “Looks and Speed”
Modifikasi ini
terinspirasi bahwa motor Satria FU ini sendiri terkenal dengan kemampuan
mesinnya yang mampu di geber hingga mencapai top speed. Dengan kemampuan mesin
ini maka modifikasi motor ini memaksimalkan kinerja mesin hingga sampai puncak.
Dilihat dari segi kenyamanan maka modifikasi ini memang kurang nyaman apabila
motor setelah di modif menjadi kendaraan yang digunakan sehari-hari.
Modifikasi jenis ini
memang bertujuan untuk mengikuti berbagai event balap seperti drag bike. Event
drag bike banyak ditemui di dalam kota–kota besar dan dikarenakan keperluan
lomba itulah kenyamanan mengemudi menjadi prioritas terakhir dan prioritas yang
paling utama adalah menggeber performa mesin dan kecepatan motor untuk mencapai
hasil maksimal.
Generasi Satria FU
terakhir sebetulnya untuk berat motor sudah termasuk ringan yaitu 109 kg tetapi
tetap saja mereka menginginkan lebih ringan lagi.
Ada beberapa hal yang
dilakukan dalam modifikasi ini, yaitu:
- Eksperimen untuk mencopot
jok dan juga bodi sehingga terlihat seperti “naked.” iIni akan berdampak
kepada semakin kurangnya bobot motor dan akan berdampak kecepatan juga
akan semakin maksimal untuk di geber mencapai top speed
- Mengganti beberapa
spare-part sehingga akselerasi motor ini menjadi lebih gahar dan mempunyai
responsif yang jauh lebih cepat. Dengan akselerasi yang lebih mumpuni maka
kemampuan untuk melakukan top sprint motor ini bisa menjadi lebih singkat
dan untuk di pakai dalam event drag bike, motor dengan modifikasi ini akan
mampu mengungguli lawan–lawannya.
Komentar
Posting Komentar