Selasa, 26 Maret 2019

Modifikasi Motor Sonic Street Racing Style


Pabrikan motor Honda mempunyai sejarah yang panjang dalam hal produksi motor. Untuk motor dengan suspensi depan layaknya motor sport maka sejarah itu tercatat dari semenjak tahun 1980. Motor sport yang pertama kali dikeluarkan oleh pabrikan Honda adalah Honda Nova series yang diluncurkan pada era tahun 1980an.

Honda Nova series/Nova RS meluncurkan 2 tipe yaitu: tipe Nova R dan Nova S. setelah beberapa tahun kemudian pabrikan Honda meluncurkan generasi terbarunya, yaitu Nova Tena pada tahun 1990an. Honda Tena digantikan model terbarunya yaitu Honda Dash 125. Uniknya, beda dari pendahulunya, Honda Dash 125 dilengkapi dengan pendingin radiator.

Modifikasi Motor Sonic Street Racing Style

Pemerintah Indonesia mengeluarkan peraturan pada tahun 2000an yang mengatur pembatasan produk motor 2 tak. Para importir pun merespon langkah pemerintah dengan menghentikan untuk pemasaran khususnya Honda Nova Dash  RS 125 terlebih dengan margin yang tidak memadai untuk motor mesin 2 tak.
Terlihat di sisi lain, pabrikan Honda tetap berkeinginan untuk mepertahankan model “ayam jago.” Langkah untuk meneruskan keinginan ini dengan mengeluarkan seri terbaru Honda Nova Sonic 125 versi 4tak. Semenjak itu AHM sebagai pemegang ATPM pabrikan Honda mulai mengimpor motor Honda Sonic yang di teruskan dari satu genereasi ke generasi selanjutmya. Langkah ini diambil oleh AHM semenjak tahun 2001.

Walaupun pabrikan Honda terbilang cukup sukses dengan varian lain. Langkah impor Nova Sonic 125 tetap dipertahankan oleh pabrikan Honda. Setelah Suzuki masuk ke pasar dengan Suzuki Satria FU, maka pangsa pasarnya tergerus, pabrikan Honda pun menghentikan langkah impor model ini di tahun 2011 karena penjualannya sangat kecil.

Pada sekitar bulan Agustus 2015, pabrikan Honda menggebrak pasar dengan versi anyar. Honda New Sonic 150R diluncurkan untuk pasar Indonesia. Motor generasi terbaru ini memang tidak ada hubungannya dengan generasi Sonic yang berasal dari Thailand. Kenapa? Karena AHM dengan R&D Honda di Jepang secara khusus mngembangkan varian terbaru ini untuk pasar di Indonesia.

Honda Sonic 150R adalah sepeda motor “ayam jago” hyper–underbone. Motor ini diluncurkan ke pasar Indonesia pada sekitar bulan Agustus 2015. Motor ini menggunakan speedometer yang full digital dan Lampu LED. Pabrikan Honda memperbaharuinya sekitar bulan agustus 2016 dengan mengenalkan 4 pilihan warna terbaru dan facelift model 2016.

Modifikasi Honda Sonic

Disadur dari beberapa modifikator, penggunaan sparepartnya adalah, sebagai berikut:

  • Busi menggunakan Denso IU27
  • Piston menggunakan BRT
  • Injektor Honda CBR600RR
  • ECU Vortex
  • Monosok Ohlins
  • Steering damper dengan Ohlins
  • Brembo RCS15 untuk master rem depan
  • TDR untuk Cakram Depan.

Mesin

Pistonnya tetap 57.3 mm dengan produk BRT, gunakan design dome custom agar rasionya menjadi 11:1. Gunakan busi densi IU27, ECU Vortex untuk pengatur injeksi dan pengapian serta suspense belakang dengan shock ohlins.
Saluran ruang bakar dengan klep masuk 24 mm dan klep keluar 21.5 mm. atur dengan kem custom untuk proses buka tutupnya.

Bodi Motor

Untuk throttle bodi gunakan Standar Sonic yang di reamer jadi 32.5 mm, dipasangkan dengan injector Honda CBR600RR.

Rubah sudut intake manifold 5’ menjadi 15’. Perubahan ini jalur masuknya menjadi lurus ke ruang pembakaran.modifikasi ini maka tenaga akan naik menjadi 30 dk dari awalnya 29 dk. Teknik pengujiannya dilakukan dengan Dyno.

Selamat mencoba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar