Modifikasi Motor Sonic Street Racing Style
Pabrikan motor Honda
mempunyai sejarah yang panjang dalam hal produksi motor. Untuk motor dengan
suspensi depan layaknya motor sport maka sejarah itu tercatat dari semenjak
tahun 1980. Motor sport yang pertama kali dikeluarkan oleh pabrikan Honda
adalah Honda Nova series yang diluncurkan pada era tahun 1980an.
Honda Nova series/Nova
RS meluncurkan 2 tipe yaitu: tipe Nova R dan Nova S. setelah beberapa tahun
kemudian pabrikan Honda meluncurkan generasi terbarunya, yaitu Nova Tena pada
tahun 1990an. Honda Tena digantikan model terbarunya yaitu Honda Dash 125.
Uniknya, beda dari pendahulunya, Honda Dash 125 dilengkapi dengan pendingin
radiator.
Modifikasi Motor Sonic Street Racing Style
Pemerintah Indonesia
mengeluarkan peraturan pada tahun 2000an yang mengatur pembatasan produk motor
2 tak. Para importir pun merespon langkah pemerintah dengan menghentikan untuk
pemasaran khususnya Honda Nova Dash RS
125 terlebih dengan margin yang tidak memadai untuk motor mesin 2 tak.
Terlihat di sisi lain,
pabrikan Honda tetap berkeinginan untuk mepertahankan model “ayam jago.”
Langkah untuk meneruskan keinginan ini dengan mengeluarkan seri terbaru Honda
Nova Sonic 125 versi 4tak. Semenjak itu AHM sebagai pemegang ATPM pabrikan
Honda mulai mengimpor motor Honda Sonic yang di teruskan dari satu genereasi ke
generasi selanjutmya. Langkah ini diambil oleh AHM semenjak tahun 2001.
Walaupun pabrikan Honda
terbilang cukup sukses dengan varian lain. Langkah impor Nova Sonic 125 tetap
dipertahankan oleh pabrikan Honda. Setelah Suzuki masuk ke pasar dengan Suzuki
Satria FU, maka pangsa pasarnya tergerus, pabrikan Honda pun menghentikan
langkah impor model ini di tahun 2011 karena penjualannya sangat kecil.
Pada sekitar bulan
Agustus 2015, pabrikan Honda menggebrak pasar dengan versi anyar. Honda New
Sonic 150R diluncurkan untuk pasar Indonesia. Motor generasi terbaru ini memang
tidak ada hubungannya dengan generasi Sonic yang berasal dari Thailand. Kenapa?
Karena AHM dengan R&D Honda di Jepang secara khusus mngembangkan varian terbaru
ini untuk pasar di Indonesia.
Honda Sonic 150R adalah
sepeda motor “ayam jago” hyper–underbone. Motor ini diluncurkan ke pasar
Indonesia pada sekitar bulan Agustus 2015. Motor ini menggunakan speedometer
yang full digital dan Lampu LED. Pabrikan Honda memperbaharuinya sekitar bulan
agustus 2016 dengan mengenalkan 4 pilihan warna terbaru dan facelift model
2016.
Modifikasi Honda Sonic
Disadur dari beberapa
modifikator, penggunaan sparepartnya adalah, sebagai berikut:
- Busi menggunakan Denso
IU27
- Piston menggunakan BRT
- Injektor Honda CBR600RR
- ECU Vortex
- Monosok Ohlins
- Steering damper dengan
Ohlins
- Brembo RCS15 untuk master
rem depan
- TDR untuk Cakram Depan.
Mesin
Pistonnya tetap 57.3 mm
dengan produk BRT, gunakan design dome custom agar rasionya menjadi 11:1.
Gunakan busi densi IU27, ECU Vortex untuk pengatur injeksi dan pengapian serta
suspense belakang dengan shock ohlins.
Saluran ruang bakar
dengan klep masuk 24 mm dan klep keluar 21.5 mm. atur dengan kem custom untuk
proses buka tutupnya.
Bodi Motor
Untuk throttle bodi
gunakan Standar Sonic yang di reamer jadi 32.5 mm, dipasangkan dengan injector
Honda CBR600RR.
Rubah sudut intake
manifold 5’ menjadi 15’. Perubahan ini jalur masuknya menjadi lurus ke ruang
pembakaran.modifikasi ini maka tenaga akan naik menjadi 30 dk dari awalnya 29
dk. Teknik pengujiannya dilakukan dengan Dyno.
Selamat mencoba
Komentar
Posting Komentar