Contoh Surat Pengunduran Diri yang Baik dan Sopan

Surat pengunduran diri atau surat resign adalah surat yang menyatakan bahwa anda telah siap untuk berhenti bekerja dari tempat dimana anda bekerja, baik itu di perusahaan swasta, kantor pemerintahan ataupun organisasi publik. Ada banyak alasan kenapa anda memilih untuk berhenti bekerja namun dengan memberikan surat pengunduran diri dapat mencerminkan etika kesopanan anda kepada perusahaan.




Pada dasarnya menulis surat resign kerja hampir sama dengan menulis surat lamaran kerja, namun ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan untuk menulis surat pengunduran diri yang baik dan sopan, diantaranya sebagai berikut.


Agar perusahaan menyetujui surat pengunduran diri anda, tulislah surat tersebut dengan bahasa yang baik, singkat dan jelas.

Ada baiknya sampaikan ucapan terima kasih kepada perusahaan yang telah menerima anda bekerja, juga permohonan maaf kepada manajemen, atasan dan rekan-rekan kerja.

Menulis dan menyerahkan surat resign kepada perusahaan jauh sebelum hari H anda berhenti bekerja, hal ini untuk memberikan waktu kepada perusahaan mencari penggantinya.

Sebaiknya tidak perlu menuliskan secara detail alasan mengapa anda berhenti bekerja.

Berikan suatu kesan yang memiliki makna seperti doa dan harapan anda kepada perusahaan agar bisa semakin sukses dan menjadi terbaik.

Contoh Surat Pengunduran Diri yang Baik dan Sopan

SURAT PENGUNDURAN DIRI


Medan, 20 Januari 2017


Kepada YTH,


HRD PT. …


Di tempat


Bersama surat ini saya yang bertanda tangan di bawah ini:


Nama : ……….


NIP : ……….


Departemen : ……….


Jabatan : ………


Bermaksud mengundurkan diri dari ……… terhitung sejak tanggal 1 February 2017. Saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk bekerja di ……… Tak lupa juga saya mohon maaf kepada jajaran manajemen apabila terdapat hal-hal yang tidak baik yang telah saya lakukan selama bekerja di ……… Saya berharap ……… menjadi perusahaan yang terus maju, sukses dan berkembang.


Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sesungguhnya. Atas bantuan dan dukungan yang telah diberikan selama ini, saya ucapkan terima kasih.


Hormat saya,


(                     )


Contoh Surat Resign Kerja yang sederhana

SURAT PENGUNDURAN DIRI


Dengan Hormat,


Saya yang bertanda tangan di bawah ini :


Nama : ……….


Jabatan : ……….


NIP : ……….


Dengan ini bermaksud mengajukan pengunduran diri dari PT ………. sebagai ………. terhitung mulai tanggal xx Juli 20xx. Saya memohon maaf  kepada seluruh karyawan dan manajemen apabila terdapat kesalahan yang telah saya lakukan selama saya bekerja di sini.


Demikian surat pengunduran diri saya ini. Saya berharap PT. .. dapat berkembang terus dengan baik.


Bandung, 10 Oktober 2016


Hormat Saya


(……………..)


Contoh surat pengunduran diri kerja dengan alasan

Surat Pengunduran Diri



Jakarta, 1 Februari 2016


Kepada Yth,


PT ……….


Jl. Perintis Kemerdekaan no. 15


Jakarta Selatan


Bersama surat ini, saya yang bertanda tangan di bawah ini:


Nama : ……….


Jabatan : ……….


NIP : ……….


Dengan ini bermaksud mengajukan pengunduran diri dari PT. ………. dikarenakan kurang memberikan kontribusi yang baik untuk perusahaan. Dengan kata lain tidak mencapai target penjualan yang sesuai dengan standar dan prosedur yang berlaku di perusahaan. Saya memohon maaf  kepada seluruh karyawan dan manajemen apabila terdapat kesalahan yang telah saya lakukan selama saya bekerja di sini.


Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sebenar-benarnya, atas bantuan dan dukungan yang telah diberikan, saya ucapkan terima kasih.


Hormat Saya


(……………….)


Contoh surat pengunduran diri dari jabatan

Surat Pengunduran Diri


Kepada Yth :


Ketua Lembaga Pendidikan


SMP Merah Putih Jakarta


Di tempat


Dengan Hormat,


Bersama surat ini saya  mengajukan permohonan mengundurkan diri sebagai Kepala Sekolah SMP Merah Putih Jakarta, terhitung sejak tanggal 1 Januari 2017, Saya yang bertanda tangan dibawah ini :


Nama: ………


NIP : ………


Jabatan: ………


Masa Kerja: ………


Saya ucapkan yang sebesar-besarnya  dan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan SMP Merah Putih Jakarta kepada saya untuk pengalaman dan kesempatan membimbing anak-anak mengembangkan bakat agar menjadi generasi penerus bangsa Indonesia selama kurang lebih 4 tahun ini.


Tak lupa saya mohon maaf kepada jajaran keluarga besar SMP Merah Putih Jakarta  apabila terdapat hal-hal yang tidak baik yang telah saya lakukan selama bekerja di SMP ini.


Saya berharap SMP Merah Putih Jakarta menjadi sekolah yang terus maju dan sukses serta menjadi yang lebih baik di kedepannya baik dalam hal prestasi ataupun lainnya. Amin.


Jakarta, 10 Desember 2016


Hormat Saya


(……………..)


Contoh surat pengunduran diri dari organisasi

Palembang,  20 Juni 2016


Kepada Yth.


Ketua BEM Unsri Palembang


Di Tempat


Bersama surat ini saya :


Nama : ……….


Alamat : ……….


Fakultas / Prodi   : Ilmu Komunikasi / TI – 3


Dengan ini saya mengajukan permohonan pengunduran diri sebagai Ketua Bidang Informasi di BEM UNSRI Palembang terkait beberapa alasan sebagai berikut :


Telah bekerja di Perusahaan di Jakarta sehingga tidak dapat memiliki waktu untuk berorganisasi.

Saya pindah domisili ke Tangerang

Tiada kata yang lebih pantas dihaturkan selain terima kasih yang tak terhingga karena selama berorganisasi di BEM Unsri, saya banyak menimba ilmu serta mempraktikan ilmu – ilmu yang telah saya dapatkan di perkuliahan. Sekaligus permohonan maaf saya atas segala kesalahan saya serta keterbatasan saya dalam melaksanakan tugas sehingga belum bisa memberikan yang terbaik untuk BEM Unsri. Semoga kedepan, BEM Unsri Tetap menjadi pelopor pergerakan mahasiswa di Unsri Palembang dan menjadi agen perubahan di tengah masyarakat Indonesia.


Demikian surat pengunduran diri ini saya sampaikan. Terima kasih atas ijin dan perhatiannya.


Hormat saya,


(……………….)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Definisi Fungsi Kwitansi, Nota dan Faktur Beserta Contohnya

Contoh Surat Keterangan Pengganti Ijazah yang Hilang

Contoh Proposal Pameran Seni dan Pagelaran di Sekolah