Tips Lulus Seleksi SNMPTN Sesuai Minat Terbaru 2021


Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau biasa disingkat SNMPTN merupakan salah satu bentuk jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi negeri. Calon mahasiswa akan di seleksi melalui Ujian Mandiri dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).


SNMPTN 2020/2021 akan dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia. Jadi, bagi kamu yang ingin kuliah di perguruan tinggi negeri maka harus mengikuti SNMPTN 2020 dengan melengkapi semua persyaratan, kemampuan dan juga mental. Adapun strategi dan tips agar bisa sukses lulus SNMPTN yang akan kami bagikan sebagai berikut.




1# Pilihlah Jurusan Berdasarkan Minat dan Kemampuan.


Banyak orang yang gagal dalam SNMPTN karena terlalu percaya diri yang tinggi. Percaya diri sih boleh, tapi harus melihat kemampuan pribadi diri kalian juga. Cara memilih jurusan yang benar adalah sesuai dengan jurusan sekolah kamu, misalnya kamu berasal dari jurusan IPA maka pililah jurusan yang berhubungan dengan IPA, begitupun dengan jurusan IPS, Bahasa dsb. Jangan keluar dari bidang jurusan, karena peluang kamu lulus SNMPTN akan sangat tipis sekali.


Pada kenyataannya, saat ini masih banyak sekali mahasiswa yang sudah ada di universitas negeri yang keluar hal ini yang mereka sebut sebagai “salah jurusan”. Jurusan itu tidak mereka minati, dan lebih lagi tidak sesuai dengan kemampuan mereka, ketika menjalani perkuliahan, banyak sekali hal-hal yang membuat mereka tertekan dan merasa tidak nyaman sehingga mereka lebih memilih untuk keluar dan pindah. Maka dari itu, janganlah kamu termasuk ke dalam kelompok orang yang terlalu memaksakan kehendak.


2# Jumlah Peminat dan Daya Tampung


Agar peluang kamu bisa lolos dengan mudah di PTN favorit usahakan kamu melihat jumlah peminat dan daya tampung jurusan. Kamu bisa melihat Jumlah Peminat dan Daya Tampung di situs resmi SNMPTN, papan informasi atau bertanya langsung ke panitia. Pastikan kamu melihat jurusan dengan daya tampung yang banyak dengan jumlah peminat yang sedikit, ini akan memperbesar peluang kalian untuk lulus SMPTN.


3# Nilai Raport


Perhatikan nilaimu dari semester pertama sampai semester akhir. Pada dasar nya nilai menjadi salah satu kunci untuk menentukan masuk SNMPTN. Maksudnya adalah nilai rata-rata dari semester pertama sampai semester lima apakah mengalami kenaikan atau menurun dan tidak sesuai dengan KKM dari sekolah, contohnya pelajaran matematika, semester satu 73, semester dua 60, semester tiga 70, semester empat 75, dan semester lima 75.


Dapat kamu perhatikan nilai matematika, nilainya terus mengalami kenaikan dan penurunan dari semester ke semester. Itu menunjukkan bahwa nilai matematika kamu standar dan ini harus lebih ditingkatkan kembali metode belajar nya agar nilai kamu memiliki nilai rata-rata yang tinggi.


4# Faktor Sekolah


Walaupun kamu memiliki nilai raport yang tidak begitu bagus namun jika kamu dari sekolah yang memiliki akreditasi yang sangat baik, maka ada kemungkinan kamu bisa lulus di SNMPTN 2021, begitupun sebaliknya jika bersekolah di sekolah yang beraktreditasi rendah, kamu harus sedikit berjuang keras agar bisa lulus. Untuk itu tanyakan ke BK, PTN mana yang memiliki hubungan baik dengan sekolahmu.


5# Pengaruh Alumni Sekolah


Perhatikan jumlah alumni yang sudah masuk di universitas yang kamu tuju. Biasanya jika kamu mendaftar di universitas ada banyak alumni dari sekolah kamu maka yang diterima juga lebih besar. Kalian bisa meminta data alumni yang diterima pada tahun sebelumnya ke BK serta bertanya bagaimana prestasi alumni tersebut. Jika IPK alumni sekolah kamu tinggi maka itu memperbesar peluang kamu untuk masuk dalam PTN tersebut.


6# Tingkat Persaingan Teman Sekolah


Urutkan jurusan yang akan dipilih berdasarkan prioritas keinginanmu dan juga kemampuan terlebih dahulu. Bukankah akan sulit jika kamu bersaingan dengan teman sekolah yang memiliki kemampuan diatas rata-rata, kemungkinan lulus semua bisa tapi sangat kecil. Untuk itu kalian perlu memperhatikan tingkat persaingan teman sekolah di jurusan PTN yang sama dengan kamu.


Misalnya di sekolah kamu mungkin akan ada lebih dari 300 orang yang akan mengikuti SNMPTN, pasti ada beberapa siswa yang memilih jurusan dan universitas yang sama. Perhatikan siapa saja yang mengambil jurusan prodi di PTN yang sama tersebut, jika ada teman yang memiliki kemampuan diatas rata-rata, maka saran kami sebaiknya kamu mengganti jurusan prodi lain karena peluang untuk masuk di PTN dengan pilihan pertama sangat kecil, namun jika daya tampung nya cukup banyak ya tidak masalah.


7# Prestasi dan Penghargaan Non Akademik


Saat pendaftaran SNMPTN kamu bisa memasukan maksimal 3 piagam dan penghargaan. Jika kamu memiliki lebih dari 3 maka lebih baik memasukan piagam yang tingkatnya paling tinggi. Seperti tingkat Kabupaten/ Kota, Provinsi, Nasional hingga Internasional. Walaupun tidak berpengaruh besar namun prestasi yang pernah kamu raih mungkin akan menjadi nilai plus.


8# Berdoa


Terakhir agar bisa masuk universitas favorit adalah berdoa. Ya, berdoa. Pastikan kamu terus menerus beribadah dan berdo’a menurut kepercayaan masing-masing, agar di mudahkan segala urusannya dan juga di mudahkan untuk bisa lulus SNMPTN 2021 aamiin.


Demikian ulasan singkat tentang tips lulus SNMPTN. Semoga tips dari kami lebih bermanfaat untuk anda yang sebentar lagi akan masuk kuliah dan menghadapi ujian SNMPTN. Semoga Berhasil.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Definisi Fungsi Kwitansi, Nota dan Faktur Beserta Contohnya

Contoh Surat Keterangan Pengganti Ijazah yang Hilang

Contoh Proposal Pameran Seni dan Pagelaran di Sekolah