Lintas Jurusan Bagus ngga sih? Dari Prodi Saintek ke Prodi Sushum Misalnya ...

Hai teman teman, pernah ngga sih bertanya – tanya apakah kuliah lintas jurusan itu baik atau ngga? Soalnya setelah sekian lama di kelas, mumet juga ternyata dengan keilmuan eksak., wkwk…, Katanya ada yang bilang kedepannya bakalan berat, bener ga sih?

M…, oke begini sobat!.,

Banyak orang yang berpendapat alangkah baiknya memang jika ia kuliah itu sesuai dengan jurusan awal, apabila dari SMA misalnya temen – temen udah masuk IPA, maka carilah bidang keilmuan yang merupakan Sains atau Teknologi karena itu biasanya dihadapkan untuk orang – orang eksak, berbeda kalau IPS misalnya, itu lebih cenderung ke hal yang istilahnya sosial/budaya/hukum. Dan sebetulnya sah – sah aja temen – temen mau nya ngambil jurusan apa nanti pas diperkuliahan. Dan banyak juga sih yang bisa dikatakan lintas jurusan itu, dan pada umumnya dari keilmuan eksak ke sosial memang. 

A. Alasan Memilih Lintas Jurusan


Alasannya kenapa?, ya…, sekilas mungkin diantara sobat tau sendiri kenapa alasannya, salah satunya karena mungkin mereka sudah tak kuat lagi menahan serangan perhitungan angka – angka. Ditambah dengan tugas lain yang numpuk serta alokasi waktu yang sangat singkat, itulah yang biasa dihadapi oleh mereka.

Terus percuma dong kita belajar selama disekolahan toh akhirnya nanti pas kuliah kita harus bermulai dari awal lagi dengan ilmu – ilmu baru. Ya, itu memang menjadi sebuah tantangan tersendiri yang harus dihadapi. Selain harus kuat mental dan fisik, tentu ketika mau lintas jurusan dari sains ke sosial ataupun sebaliknya, maka wawasan keilmuan bidang yang terkait harus ditingkatkan dan dipelajari lebih, agar bisa menyeimbangkan dengan materi yang diberikan nanti. Tetap semangat aja yang penting!

B. Tips Buat yang Mau Lintas Jurusan

Sedikit tips, yang bisa diaplikasikan bagi temen – temen yang rencananya mau lintas jurusan untuk program studi yang akan diambil di perkuliahan nanti:

Pikir matang lagi keputusanmu, apakah benar yakin atau hanya ikut-ikutan temen lainnya. Jangan hanya gara-gara sahabat atau temen kita ngambil jurusan tersebut kamu tidak berpikir Panjang.
Pahami passionmu sobat, dimana hobimu sebenarnya, apa yang paling berbakat pada dirimu. Dan ikuti kata hatimu.
  1. Coba musyawarahkan terlebih dahulu dengan kerabat terdekat, kakak atau adik atau keluarga misalnya.
  2. Pertimbangkan dengan berpikir beberapa tahun kedepan, bagaimana dipekuliahan nanti, apa yang akan dicapai selama kamu disana. Lalu persiapkan teknik atau metode pembelajaran jurusan yang akan kamu ambil nanti, karena ini akan menjadi makanan keseharianmu.
  3. Dibarengi ibadah serta doa itu adalah hal utama yang harus dilakukan sebelum mengerjakan hal sebelumnya.
  4. Pastikan memilih jurusan dengan akreditasi terbaik

C. Sedikit Cerita Soal Lintas Jurusan

Di tahun 2016 lalu, admin merupakan salah satu mahasiswa yang memiliki pengalaman soal hal ini. Admin punya teman dekat (satu SMA) yang lintas jurusan. Dia memilih masuk ke jurusan Hubungan Internasional UNDIP, padahal dia satu rumpun waktu SMA dulu. Di tahun berikutnya, teman admin ini masuk ke jurusan Teknik Komputer UNDIP, dimana prodi tersebut termasuk rumpun Saintek.




Setelah admin tanya, kenapa dia pindah jurusan padahal dia sudah menghabiskan 2 semester di jurusan lamanya. Doi bilang kalau "jurusan HI itu butuh banyak pemahaman, beda sama jurusan MIPA". (baca juga: daftar jurusan di UNDIP

Admin sendiri tidak mempermasalahkan jika teman teman ingin lintas jurusan atau tidak. Namun saran admin, kalau kalian ingin pindah ke lintas jurusan, pastikan siap berjuang dan harus punya semangat yang lebih yah.

Ibaratnya saingan kalian (di jurusan tersebut) sudah punya sepuluh langkah di depan kalian. Kalian harus bisa lari untuk mengejar ketertingglan kalian di sisi materi.  

Itu merupakan sebagian kecil yang disampaikan, pun apabila ada tambahan bisa ditambahkan. Terlebih dari itu kita harus mengerti bagaimana cara memahami diri kita sendiri!., Semangat terus.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Definisi Fungsi Kwitansi, Nota dan Faktur Beserta Contohnya

Contoh Surat Keterangan Pengganti Ijazah yang Hilang

Contoh Proposal Pameran Seni dan Pagelaran di Sekolah