Cara dan Contoh Membuat Proposal Sponsorship Event

Melakukan salah satu usaha untuk kegiatan tentu seringkali kita membutuhkan dana guna terlaksananya kegiatan dan acara tersebut. Namun tidak jarang pihak penyelenggara belum memiliki cukup uang untuk membiayai seluruh kegiatan tersebut.

Untuk itu dalam menangani permasalahan tersebut, maka panitia pelaksana biasanya meminta bantuan dari pihak lain yang bersifat perorangan, instansi pemerintah atau perusahaan swasta. Pihak pemberi tersebut kemudian nantinya bertindak sebagai donatur dan sponsor.

Donatur adalah pihak yang memberikan bantuan tanpa ada kerja sama diatas perjanjian apapun dan tidak adanya timbal balik. Biasanya donatur hanya melihat kegiatan yang dilaksanakan dengan baik sehingga patut untuk didukung dengan kerelaan hati memberi bantuan.

Berbeda dengan donatur sebagai sponsor akan memberikan bantuan dengan bentuk kerjasama yang ada kaitannya dengan promosi atau marketing suatu produk. Sehingga ketika melaksanakan suatu kegiatan yang menggunakan dana sponsor maka akan ada promosi mulai dari logo perusahaan, bendera dan banner bahkan tidak jarang mereka juga menjual produk tertentu.

Dalam pembuatan proposal penawaran untuk meminta dana dari donatur atau sponsor tentu akan memiliki format penulisan yang berbeda. Karena sebagai pihak penyelenggara ingin mendapatkan dana dari pihak yang diminta bantuannya, maka untuk mendapatkan kepercayaan atas proyek yang disajikan secara mutlak. Sehingga sangat disarankan untuk memahami betul bagaimana cara membuat proposal sponsorship untuk donatur maupun proposal sponshorsip untuk pihak perusahaan.

Pada bahasan kali ini, yang kita akan bahas yaitu masalah proposal sponshorship yang nantinya akan kami berikan contoh proposal sponshorship, adapun cara membuat proposal sebagai berikut:



Cara Membuat Proposal Sponsorship

Langkah-langkah membuat proposal sponsorship yang baik dan benar sebagai berikut:

  1. Dalam membuat proposal sponsor, anda bisa mengunakan bahasa yang jelas, lugas dan baku. Jangan pernah berlama-lama dalam menyampaikan rencana dalam kegiatan karena bisa jadi, ada puluhan proposal yang sudah menumpuk di kantor perusahaan yang anda inginkan.
  2. Berikan keunggulan dari proyek anda. Setiap sponsor menginginkan agar produknya bisa terjual atau minimal dikenal oleh masyarakat sehingga mereka biasanya mempertimbangkan proposal anda untuk di setujui.
  3. Anda dapat menentukan bentuk kerjasama. Ada beberapa model sponsor yang bisa melakuan penjualan produknya kepada pihak sponsor mengharuskan penyelenggara untuk dapat menjual produk dari sponsor dalam jumlah dan harga tertentu. Adapun dari pada itu sebagai timbal baliknya kegiatan tersebut akan di danai. Model lain seperti sponsorship dengan memasang banner, bendera sebagai media promosi. Anda harus pintar dalam menentukan bentuk kerjasama seperti apa yang ingin anda tawarkan.
  4. Jangan melakukan kesalahan dalam pembuat proposal sponsor biasanya adalah terlalu lama dalam meyakinkan calon sponsor. Oleh karena itu, jika anda ingin kegiatan berjalan lancar, buatlah sponsor anda merasa puas dengan kinerja anda karena bagaimanapun, sponsor tidak memberikan bantuan secara gratis dan secara cuma-cuma, karena baik itu bersifat materil maupun non materil seperti branding, atau promosi.

Format Pembuatan Proposal Sponsorship

Berikut ini contoh format permohonan sponsor yang baik yaitu :

1. Halaman Judul / Cover

2. Latar belakang

Latar belakang adalah sebagian alasan mengapa pentingnya kegiatan tersebut dilaksanakan. Dalam menyusun latar belakang biasanya terdiri dari tiga bagian, yaitu pendahuluan isi dan penutup yang tersusun didalam bentuk teks. Adapun model penulisan menggunakan kata dari umum ke khusus yaitu menyajikan data umum secara global lalu mengarah kepada pandangan khusus yang berkaitan erat dengan kegiatan tersebut.

3. Tujuan Kegiatan

Tujuan kegiatan biasanya untuk apa kegiatan tersebut dilaksanakan. Berbeda dari latar belakang, tujuan kegiatan lebih spesifik dalam penulisan.

4. Nama dan Tema Kegiatan

Nama dari kegiatan tersebut merupakan gambaran umum dari kegiatan, sedangkan tema kegiatan adalah arah tujuan dari nama tersebut contohnya :

Nama Kegiatan : Pentas Seni Dan Kebudayaan Tahun 2017

Tema Kegiatan : Meningkatkan Kreatifitas Seni Dan Melestariakan Kebudayaan Indonesia.

5. Bentuk Kegiatan

Merupakan kegiatan apa saja yang akan diselenggarakan sebagai contoh :

1. Lomba Tari Seni

2. Pameran Lukisan

6. Peserta

Memprediksi peserta yang akan mengikuti acara tersebut atau yang akan mengunjungi kegiatan tersebut baik sebagai peserta maupun pengunjung.

7. Penyelenggara

Penyelenggara adalah pihak dari pelaksana kegiatan tersebut.

8. Jadwal dan lokasi kegiatan

9. Susunan Kegiatan

10. Susunan Panitia

11. Rencana Anggaran

12. Penutup

Penutup berisi kesimpulan serta ucapan terimakasih untuk para calon sponsor.

Penawaran kerjasama juga bisa dilengkapi dengan surat perjanjian. untuk menawarkan kerja sama. Bisa kita bagi menjadi beberapa jenis sponsor yaitu:

  • Sponsor Tunggal adalah sponsor yang menjadi pihak yang membiayai 100% kegiatan.
  • Sponsor Non Tunggal terdiri dari sebagai berikut:
    Sponsor Utama : Sponsor memberikan kontribusi terbesar untuk pendanaan.
    Sponsor Madya : Sponsor memberikan dana lebih kecil dari sponsor utama.
    Sponsor Partisipan : Sponsor memberikan modal sangat kecil.

Adapun contoh acara dalam kegiatan Pentas Seni Dan Kebudayaan dimana pihak penyelenggara mempunyai kempensasi untuk beberapa kompensasi dari sponsor tunggal seperti :

1. Logo pada ID Card untuk setiap panitia.

2. Logo Pada Background panggung.

3. Pemasangan umbul- umbul dan bendera.

Adapun jika pengajuan adalah permintaan sponsor utama, madya dan partisipan anda bisa menuliskannya seperti dibawah ini :

Sponsor Utama memberikan dana sebesar 70% kepada penyelanggara

Sponsor madya memberikan dana sebesar 20% kepada penyelenggara

Sponsor prtisifasi memberikan dana sebesar 10% kepada penyelenggara

Kompensasi Sponsor Utama :

1. Logo sponsor berukuran 3×4 untuk ID card

2. Pemasangan spanduk atau baner untuk setiap 5 titik

Kompensasi Sponsor Madya

1. Pemasangan spanduk atau baner untuk 3 titik

2. Logo sponsor berukuran 2×3 untuk ID Card

Kompensasi Sponsor Partisipan

1. Pemasangan spanduk atau baner 2 titik

2. Logo Sponsor berukuran 2×3 pada ID Card

Bentuk kompensasi di atas dapat anda rubah sesuai dengan keinginan anda serta bentuk kegiatannya seperti apa. contohnya kegiatan tersebut menggunakan MC, maka kompensasi yang ditawarkan bisa dalam bentuk promosi oleh MC secara langsung.

Untuk lebih jelasnya silahkan anda download Contoh Membuat Proposal Sponsorship di bawah ini, sehingga lebih mudah di fahami.

Download Proposal Sponsorship Pdf

Demikianlah informasi dan penjelasan mengenai pembuatan Proposal Sponsorship dan Contoh Membuat Proposal Sponsorship yang kami sajikan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Definisi Fungsi Kwitansi, Nota dan Faktur Beserta Contohnya

Contoh Surat Keterangan Pengganti Ijazah yang Hilang

Contoh Proposal Pameran Seni dan Pagelaran di Sekolah