Contoh Proposal Kegiatan Sekolah Peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW

Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW merupakan perjalanan yang dilakukan dalam waktu satu malam saja. Kejadian ini adalah salah satu peristiwa yang sangat penting bagi umat Islam di seluruh dunia, karena pada peristiwa inilah umat islam  mendapat perintah untuk menunaikan salat lima waktu sehari semalam. Bagi anda yang ingin mengadakan acara dan kegiatan disekolah dalam rangka memperingati Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW berikut kami berikan contoh proposal Peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW.



PROPOSAL KEGIATAN MEMPERINGATI ISRA’ MI’RAJ NABI MUHAMMAD SAW 1438 H

PENDAHULUAN

Segala puji bagi Allah SWT, Tuhan seluruh alam. Shalawat serta salam semoga selalu tercurahkan kepada Rasulullah Shallallahu `alaihi Wa Sallam, sahabat, serta seluruh pengikutnya yang selalu istiqamah hingga akhir jaman.

Isra dan Mi’raj adalah dua bagian dari perjalanan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad Shallallahu `alaihi Wa Sallam dalam waktu satu malam. Kejadian ini merupakan salah satu peristiwa penting bagi seluruh umat Islam, karena pada peristiwa ini Nabi Muhammad Shallallahu `alaihi Wa Sallam mendapat perintah untuk melaksanakan shalat lima waktu sehari semalam dari yang semulanya lima puluh waktu sehari semalam.


Dalam Al Quran Allah Swt Berfirman “Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al-Isra: 17)

Peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad Shallallahu `alaihi Wa Sallam bagi kaum muslim merupakan wujud cinta kasih kepada junjungan kita Rasulullah Shallallahu `alaihi Wa Sallam yang telah menunjukkan jalan yang menuju keridhoan Allah SWT yakni berupa agama Islam yang dituntun dengan ajaran yang bersumber pada hukum Islam yakni Al-Qur’an dan Hadist.

Banyak sekali faidah-faidah yang terkandung dalam Peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW sehingga melatarbelakangi kami dari Sie Kerohanian Islam SMA Nusantara  Jakarta untuk memperingati salah satu hari bersejarah tersebut.

Ukhuwah islamiyah harus terus dibangun dan dipelihara di muka bumi ini sebagai penjabaran dari aplikasi aktif seluruh umat muslim dalam menjaga kemaslahatan di dunia dan di akhirat. Melalui peringatan hari bersejarah Islam yang rutin setiap tahun dilaksanakan diharapkan dapat meningkatkan ukhuwah Islamiyah dan tali silaturahmi, serta perilaku yang sesuai dengan syariat Islam diawali dari lingkungan terkecil yaitu lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat, dan yang lebih luas lagi.

Peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1438 H merupakan salah satu pengapresiasian dari kita selaku Ummat Islam untuk menjunjung tinggi Nabi kita semua sebagai suri tauladan di muka bumi ini. Hal ini baik sekali terutama sebagai pembelajaran kepada generasi penerus kita berikutnya. Sebagai bentuk apresiasi yang bermanfaat dan patut dilestarikan kepada taruna-taruni SMA Nusantara Jakarta yang muslim.

TUJUAN

1. Memperingati hari bersejarah Islam “Isra’ Mi’raj” Nabi Muhammad Shallallahu `alaihi Wa Sallam, sebagai junjungan alam penutup para nabi dan rasul.

2. Mengadakan forum atau media persaudaraan dengan perlombaan yang mendidik

3. Media introspeksi diri dalam menjalani kehidupan sehingga berpengaruh pada daya spritualitas masyarakat akan kualitas dan persentasi keimanan

4. Memberikan motivasi kepada generasi penerus agar selalu memegang teguh tali agama dan dapat membentengi diri dengan keimanan dan ketakwaan yang kuat

5. Media syiar Islam dan mempererat ukhuwah Islamiyah taruna-taruni SMA Nusantara Jakarta.

TEMA

Melalui peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad Shallallahu `alaihi Wa Sallam mari kita wujudkan ukhuwah Islamiyah dan menanamkan akhlakul karimah.

JENIS KEGIATAN

Perlombaan yang terdiri dari:

  • Lomba adzan
  • Lomba MTQ
  • Lomba tahfidz Al Qur’an
  • Lomba kaligrafi
  • Lomba ceramah/khotbah
PELAKSANA KEGIATAN

Pelaksana kegiatan ini adalah anggota ROHIS SMA Nusantara Jakarta dan OSIS SMA Nusantara Jakarta yang dibantu oleh pihak guru.

SUSUNAN PANITIA

Penanggung Jawab : Drs. Maulana Arif, M.M.

Pembina : Nurhalimah, S.Ag.

Ketua Pelaksana : Toni Darmawan

Sekretaris : Muhammad Abduh

Bendahara : Siti Fatimah

Sie Acara : Joko Waluyo, Nazieb, Maimunah

Sie Humas : Agus Sucipto, Maman Romansah

Sie Konsumsi : Dedi Pardede, Reynaldi Farhan

Sie Dokumentasi : Darma Yunita

Sie Perlombaan :

Lomba adzan : Herri Darmawan

Lomba MTQ : Nurhalizah

Lomba tahfidz Quran : Okki Sulistiawati

Lomba kaligrafi : Marissa Yulia

Lomba pidato : Ari Kurniawan

SASARAN KEGIATAN

Sasaran kegiatan ini adalah seluruh siswa dan siswi SMA Nusantara Jakarta khusus yang muslim.

ANGGARAN DANA

Pengeluaran

1.    Kesekretariatan : Rp 1.120.000,00

2.    Dokumentasi: Rp 1.150.000,00

3.    Konsumsi : Rp 980.000,00

4.    Biaya tidak terduga : Rp 50.000,00

Jumlah : Rp 3.300.000,00

Pemasukan

1.    Sumbangan siswa : Rp 1.800.000,00

2.    Donatur : Rp 1.500.000,00

Jumlah : Rp 3.300.000,00

PENUTUP

Demikian Proposal Kegiatan Memperingati Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad Shallallahu `alaihi Wa Sallam ini kami buat dengan harapan dapat memberikan penjelasan kepada pihak-pihak yang terkait dalam kegiatan tersebut. Keberhasilan dan kelancaran kegiatan ini bergantung pada kerjasama dan kesungguhan seluruh panitia pelaksana maupun semua pihak.

Semoga kegiatan ini mampu menjadi motivasi dan inspirasi. Motivasi agar generasi mendatang menjadi lebih baik serta selalu bersemangat untuk mendalami ilmu Islam. Inpirasi bagi seluruh umat Islam umumnya dan khususnya bagi generasi muda untuk selalu mencontoh pribadi Rasulullah Shallallahu `alaihi Wa Sallam.

Atas bantuan dan partisipasi dari semua pihak yang terlibat dalam acara ini, kami ucapkan terima kasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Definisi Fungsi Kwitansi, Nota dan Faktur Beserta Contohnya

Contoh Surat Keterangan Pengganti Ijazah yang Hilang

Contoh Proposal Pameran Seni dan Pagelaran di Sekolah